SMP Maarif Gamping Latih Guru Mahir Baca Tulis Aksara Jawa • Radar Jogja #SMP #Maarif #Gamping #Latih #Guru #Mahir #Baca #Tulis #Aksara #Jawa #Radar #Jogja

SMP Maarif Gamping Latih Guru Mahir Baca Tulis Aksara Jawa • Radar Jogja

RADAR JOGJA – SMP Maarif Gamping berencana menjadi sekolah berbasis budaya. Tahapan demi tahapan mulai disusun dan dilalui demi menuju sekolah yang melestarikan tradisi dan budaya Ngayogyakarta.

Diawal tahun 2022, satu tahapan kegiatan digelar dalam rangka menuju sekolah berbasis budaya. Berlangsung selama dua hari yakni Senin (17/1) dan Selasa (18/1). Wujudnya dengan menggelar pelatihan penggunaan aksara jawa berbasis di ranah digital.

Sekolah yang beralamat di Pundung, Nogotirto, Gamping ini berkolaborasi dengan Sanggar Mulangen dan komunitas pegiat aksara Jawa Sega Jabung. Dengan mengusung tema Pawiyatan Aksara Jawa yang melibatkan para guru dan karyawan di sekolah.

“Diberikan pelatihan penggunaan aksara Jawa di media smartphone dan komputer. Semua guru kami wajibkan ikut dalam kegiatan ini,” jelas Kepala Sekolah SMP Maarif Gamping Retna Isti Pratiwi disela kegiatan Selasa (18/1).

Retna memaparkan, ada beberapa tahapan untuk menuju sekolah berbasis budaya. Mulai dari infrastruktur, kegiatan rutin budaya dan sumber daya manusia. Untuk memperdalam dan memiliki pemahahan pada nilai-nilai budaya Ngayogyakarta.

Selain aksara, adapula budaya berkomunikasi dengan bahasa Jawa. Cara ini untuk menguatkan karakter dalam keseharian. Sehingga bahasa Jawa tak sekedar menjadi bahasa turut tapi juga wujud warisan budaya.

”Aksara merupakan salah satu warisan budaya yang harus dilestarikan, sehingga semua tenaga pengajar dan karyawan wajib tahu dan bisa tentang aksara jawa. Kalau programnya Sabtu Jawi. Yakni para guru, karyawan dan siswa diharapkan menggunakan bahasa jawa dalam komunikasinya di hari Sabtu,” katanya.

Anggota Komunitas Segajabung Singgih memaparkan program berkelanjutan. Dalam kegiatan Pawiyatan aksara Jawa para peserta dikenalkan penggunaan aksara diranah digital. Semakin mudah karena aksara Jawa telah resmi menjadi huruf baku.

”Peserta kami ajari bagaimana menginstal font aksara jawa di smartphone dan sekaligus cara penggunaannya,” ujar Singgih. (vis/naf/dwi)

#SMP #Maarif #Gamping #Latih #Guru #Mahir #Baca #Tulis #Aksara #Jawa #Radar #Jogja