Sutilah, Gepeng Korban Kecelakaan itu Akhirnya Dioperasi #Sutilah #Gepeng #Korban #Kecelakaan #itu #Akhirnya #Dioperasi

Sutilah, Gepeng Korban Kecelakaan itu Akhirnya Dioperasi

SITUBONDO – Sutilah, 55, gelandangan dan pengemis (gepeng) menjalani operasi di RS Dr Abdoer Rahem Situbondo, Senin (17/1).  Wanita itu, mengalami kecelakaan beberapa hari yang lalu.

Pasca mengalami kecelakaan beberapa waktu yang lalu, kondisi Sutilah sungguh memprihatinkan. Dirinya hanya terbaring sendirian tanpa mendapatkan perawatan. Dia tidak punya siapa-siapa.

Karena perihatin, Pemerintah Desa Kotakan, Kecamatan Situbondo menggandeng Dinas Sosial (Dinsos) untuk membantu wanita malang tersebut. Pj Kepala Desa Kotakan, Sastriyono mengatakan, Sutilah diketahui mengalami patah tulang akibat kecelakaan.

“Saya menerima laporan dari salah satu warga di Dusun Utara, RT 06 RW 02. Saya kemudian langsung mendatangi lokasi. Saya menyaksikan sendiri, ibu itu terbaring dilantai. Saya kasihan karena dia hanya bisa mengeluh kesakitan,” kenangnya.

Setelah itu, kata Sastriyono, dirinya langsung berkoordinasi dengan Kasi Kesra Kecamatan agar ikut serta membantu wanita yang hidup sebatang kara itu.

“Saya sudah tanya, terkait identitas ibu itu. Ternyata dia sudah tidak punya siapa-siapa. Dia hidup sendirian, dan numpang tidur intens tempat tinggal yang menurut saya sudah tidak layak di huni,” imbuh Sastriyono.

Dia mengaku sudah berusaha agar bisa langsung membawa Sutilah ke RSUD dr Abdoer Rahem. Namun, itu bukanlah perkara yang mudah. Sebab, mengalami patah tulang di bagian paha. Sehingga tidak heran, kalau wanita 55 tahun tersebut tidak bisa beranjak dari lantai untuk pindah ke tempat tidurnya.

“Melihat hal itu, saya langsung menghubungi pihak tempat tinggal sakit dr Abdoer Rahem, agar segera mendatangkan ambulance,” jelas Sastriyono.

Kepala bidang rehabilitasi sosial Mohammad Syawal, membenarkan adanya gepeng yang mengalami sakit tanpa mendapatkan pertolongan dari keluarga. Padahal, Selain mengalami patah tulang, dia juga mengalami luka bengkak di bagian paha.

“Kami sangat kasihan sekali, karena ketika ditangani dokter, lukanya banyak ulatnya,” jelas Syawal.

Dia mengaku, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinsos Bondowoso. Karena berdasarkan informasi, wanita malang itu adalah warga Bondowoso. Namun sayang, tak bisa yang banyak diharapkan dari Dinsos Bondowoso.

“Diakui Sutilah ini memang sempat bertempat tinggal di Bondowoso bersama suaminya. Namun anak dan suaminya sudah meninggal semua. Bu Sutilah ini juga tidak memiliki saudara sekandung,” cetusnya.

Lebih lanjut, Syawal menegaskan, dengan operasi yang dilakukan kepada Sutilah, diharapkan dia akan segera menemui kesembuhan. Sebab, setelah kesehatannya pulih, Sutilah akan dikirim ke UPT Gepeng di Pasuruan, milik Dinsos provinsi Jatim. Sehingga, bisa mendapatakan pemberdayaan.

“Kami kan juga bingung, meski gepeng itu mau dipulangkan. tapi kemana?, Kan sudah tidak punya siapa-siapa?,” pungkas Syawal. (hum/pri)

#Sutilah #Gepeng #Korban #Kecelakaan #itu #Akhirnya #Dioperasi