Tak Hanya Enak Dimakan Apel Juga Punya Banyak Khasiat #Tak #Hanya #Enak #Dimakan #Apel #Juga #Punya #Banyak #Khasiat

Tak Hanya Enak Dimakan Apel Juga Punya Banyak Khasiat

Beritabali.com, NASIONAL.

Buah apel adalah buah yang cukup umum dan mudah ditemui di super market atau mini market. Buah ini sering dianjurkan untuk menu diet atau untuk tujuan kesehtan lain. Ternyata memang Apel punya beberapa khasiat untuk kesehatan.

Rutin mengonsumsi 1–2 buah apel dalam sehari diketahui mampu menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Tak hanya itu, mengonsumsi buah ini juga bisa membantu tubuh untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

Mencegah penyumbatan dan peradangan pada dinding pembuluh darah arteri juga merupakan salah satu manfaat apel. Manfaat ini berasal dari kandungan pektin, fitonutrien, dan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah kolesterol menumpuk di lapisan dinding pembuluh darah.

2. Menjaga kesehatan otak

Apel mengandung antioksidan kuersetin dan flavonoid yang dapat mengurangi matinya sel saraf akibat penuaan. Kandungan antioksidan yang tinggi pada kulit apel juga diketahui mampu membantu fungsi memori dan memelihara kesehatan otak.

Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa apel memiliki efek yang baik untuk menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer dan stroke.

3. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Buah apel kaya akan serat yang bisa melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda disarankan mengonsumsi buah apel dengan kulitnya, sebab kulit apel mengandung banyak serat dan antioksidan.

4. Menurunkan risiko terkena diabetes

Manfaat apel lainnya adalah mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Kandungan finonutrien di dalam buah apel berfungsi untuk mencegah lonjakan gula darah dengan merangsang sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin, menghambat proses pemecahan karbohidrat menjadi gula sederhana, dan mengurangi penyerapan gula.

Antioksidan dalam apel juga berperan dalam menjaga kesehatan dan menurunkan risiko terjadinya komplikasi penyakit jantung pada penderita diabetes.

#Tak #Hanya #Enak #Dimakan #Apel #Juga #Punya #Banyak #Khasiat