Tanah longsor terjang Goa Kacamata Lebong #Tanah #longsor #terjang #Goa #Kacamata #Lebong

Tanah longsor terjang Goa Kacamata Lebong

Lebong, Bengkulu (ANTARA) – Bencana alam tanah longsor menerjang kawasan wisata Goa Kacamata Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu, pada Selasa sore (18/1) sekitar pukul 17.00 WIB, kendati demikian tidak memakan korban jiwa dan kerugian material.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebong, Fackhrurrozi saat dihubungi mengatakan peristiwa tersebut dipicu akibat turunnya hujan dengan intensitas lebat di wilayah itu dalam waktu yang cukup lama.

“Menurut keterangan warga di sekitar lokasi kejadian, peristiwa ini terjadi saat hujan deras turun kemudian terdengar suara gemuruh yang cukup kencang. Saat dilihat warga ternyata telah terjadi tanah longsor, materialnya berupa tanah bercampur bebatuan dari tebing gunung,” kata dia.

Dia menjelaskan, tanah longsor ini kemungkinan terjadi akibat tanah tebing dibagian atas Goa Kacamata yang berada di Desa Lebong Tambang, Kecamatan Lebong Utara ini sudah tidak kuat menahan beban sehingga ambruk dan menutup lubang eks mulut tambang emas yang kini menjadi salah satu destinasi wisata di daerah itu.

Untuk itu dia mengimbau kalangan masyarakat sekitar Goa Kacamata maupun wisatawan yang datang ke tempat itu agar tidak mendekati lokasi, kemungkinan adanya longsor susulan mengingat curah hujan yang turun di daerah itu masih cukup tinggi.

#Tanah #longsor #terjang #Goa #Kacamata #Lebong