Terdapat di Beberapa Komponen, Ternyata Inilah Fungsi Stiker Barcode di Motor Baru #Terdapat #Beberapa #Komponen #Ternyata #Inilah #Fungsi #Stiker #Barcode #Motor #Baru

Terdapat di Beberapa Komponen, Ternyata Inilah Fungsi Stiker Barcode di Motor Baru

TRIBUNKALTIM.CO – Bagi Anda yang membeli motor baru, tentu sudah tidak asing dengan stiker barcode yang terletak di beberapa komponen. 

Berukuran cukup kecil dan berbentuk persegi panjang, sejatinya stiker barcode ini  tidak merekat terlalu kuat dan mudah dilepas.

Jika pemilik motor menilai hal itu mengganggu penampilan, maka mereka pun bisa langsung melepas stiker barcode tersebut.

Lantas, apa fungsi dari stiker barcode yang ada pada motor baru?

Baca juga: Mau Bepergian ke Manapun, Jangan Lupa Cek Kondisi Sepeda Motor Terlebih Dahulu

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno mengatakan, stiker barcode tersebut berfungsi untuk memudahkan pendataan motor saat proses produksi.

Menurutnya, stiker barcode ini disematkan di beberapa bagian komponen seperti bodi, mesin, dan rangka.

“Jadi waktu motor atau mesin setelah dirakit dan sebagainya, ada beberapa operator di pabrik yang melakukan scan,” kata Endro kepada GridOto.com, Sabtu (22/1/2022).

“Artinya motor sudah melewati proses tahapan-tahapan yang ditentukan ketika proses produksi,” sambungnya.

Baca juga: Jangan Cuci Motor saat Kondisi Mesin Panas, Ternyata Ini Loh Alasannya

Lebih lanjut ia mengungkapkan, pada dasarnya tidak ada masalah apabila konsumen ingin melepas stiker barcode tersebut.

Sebab, fungsi stiker barcode yang ada pada motor baru hanya untuk memudahkan saat proses produksi di pabrik.

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini telah tayang di GridOto.com dengan judul Banyak Stiker Barcode di Motor Baru, Ternyata Ini Fungsinya, https://www.gridoto.com/read/223107046/banyak-stiker-barcode-di-motor-baru-ternyata-ini-fungsinya.

#Terdapat #Beberapa #Komponen #Ternyata #Inilah #Fungsi #Stiker #Barcode #Motor #Baru