Terminal Ketapang Jadi Tempat Parkir Truk #Terminal #Ketapang #Jadi #Tempat #Parkir #Truk

Terminal Ketapang Jadi Tempat Parkir Truk

SAMPANG, Jawa Pos Radar Madura – Terminal Ketapang Sampang terbangun sejak 2018. Akan tetapi, belum juga dioperasikan. Penyebabnya, terkendala kelengkapan fasilitas. Akibatnya, saat ini tempat tersebut dijadikan tempat parkir truk.

Fungsional Analis Kebijakan Dinas Perhubungan (Dishub) Sampang M. Arief Maulana menegaskan, tempat tersebut tidak diperbolehkan untuk dijadikan tempat parkir truk besar. Sebab, keberadaannya akan mengakibatkan terminal cepat rusak karena beban berat.

Akan tetapi, sampai saat ini pihaknya belum mengetahui dan menerima informasi terkait adanya truk yang diparkir di Terminal Ketapang Tipe C tersebut. Pihaknya akan memantau kondisi terminal tersebut. ”Selama ini, kami belum tahu kalau ada truk besar yang sering parkir,” katanya.

Arief tidak mengelak jika selama ini Terminal Ketapang belum difungsikan. Penyebabnya, banyak fasilitas terminal belum lengkap seperti toilet, ruang tunggu penumpang, dan sebagainya.

Arief mengaku, sejak awal dirinya mengajukan anggaran untuk melengkapi fasilitas. Namun, kemampuan keuangan di instansinya terbatas. Ditambah lagi, kondisi pandemi Covid-19 yang membuat anggaran banyak terpangkas. ”Jadi, kami tidak melakukan pengadaan lagi karena anggarannya terkena refocusing,” ucapnya.

Tahun ini pihaknya sama sekali tidak mengajukan penambahan fasilitas Terminal Ketapang. Sebab, sudah diketahui kondisi keuangan masih dialihkan ke penanganan Covid-19. ”Anggaran di kami lebih dialihkan ke fasilitas keselamatan seperti PJU dan rambu-rambu lalu lintas,” terang Arief.

Saat ini Terminal Ketapang difungsikan sebagai tempat parkir pasar. Dengan begitu, Terminal Tipe C tersebut masih berfungsi maksimal. ”Sekarang masih tetap dijadikan tempat parkir khusus pengunjung pasar agar bisa masuk ke retribusi parkir,” tegas Arief.

Selama ini, belum ada petugas yang berjaga setiap hari. Sebab, personel di institusinya belum mencukupi untuk melakukan penjagaan setiap hari. ”Anggota dishub biasanya bertugas ketika ada pasaran saja,” tutup Arief. (iqb/luq)

#Terminal #Ketapang #Jadi #Tempat #Parkir #Truk