Tidur Setelah Makan Siang Aman Dilakukan, Begini Kata Pakar Gizi #Tidur #Setelah #Makan #Siang #Aman #Dilakukan #Begini #Kata #Pakar #Gizi

Tidur Setelah Makan Siang Aman Dilakukan, Begini Kata Pakar Gizi

Himedik.com – Mengantuk setelah makan siang adalah hal yang wajar. Tapi beberapa dari mereka mengira tidur setelah makan siang adalah hal buruk.

Sebab, mereka berpikir tidur siang setelah makan akan meningkatkan berat badan, tubuh menjadi lebih lesu, dan membuat terjaga di malam hari.

Namun nyatanya, ahli gizi terkenal asal India Rujuta Diwekar mengatakan tidur setelah makan siang tidak masalah.

Menurut Diwekar, dilansir Indian Express, tidur siang meningkatkan kesehatan jantung dan baik bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Selain tidur siang juga meningkatkan keseimbangan hormon dan membantu mengelola diabetes, PCOD, tiroid, dan meningkatkan pencernaan, menyembuhkan insomnia, meningkatkan pemulihan dari olahraga atau penyakit serta menginduksi pembakaran lemak.

ilustrasi tidur siang (Pexels/Andrea Piacquadio)
ilustrasi tidur siang (Pexels/Andrea Piacquadio)

Tetapi harus mengikuti cara yang benar agar dapat mendapat manfaat tersebut.

Berikut saran dari Diwekar:

  • Kapan: Setelah makan siang
  • Berbaring intens posisi janin miring ke kiri
  • Durasi: 10 hingga 30 menit tidur siang, sekitar 90 untuk anak-anak, orang lanjut usia, dan sedang sakit.
  • Waktu ideal: Antara jam satu hingga tiga sore

“Berbaring pada posisi janin tidak mungkin jika sedang bekerja. Paham hal ini, Anda dapat meletakkan kepala di atas meja dan beristirahat sebentar,” ujar Diwekar.

Ia juga mengatakan hal-hal yang perlu dihindari, yakni tidur siang antara jam 4 hingga 7 malam, minum teh, kopi, merokok, atau minum cokelat setelah makan siang, dan tidur lebih dari 30 menit.

#Tidur #Setelah #Makan #Siang #Aman #Dilakukan #Begini #Kata #Pakar #Gizi