Tukang Bakso Gasak Ponsel Teman Sendiri #Tukang #Bakso #Gasak #Ponsel #Teman #Sendiri

Tukang Bakso Gasak Ponsel Teman Sendiri

PURI, Jawa Pos Radar Mojokerto – M Yusuf, 37, hanya bisa tertunduk lesu saat dikeler petugas ke intens sel tahanan sel tahanan Mapolsek Puri. Sebab, warga Dusun Sumberagung, Desa Bandungrejo, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, itu terbukti menggondol smartphone milik rekannya sesama penjual bakso keliling.

Diam-diam, Yusuf kepincut dengan smartphone Oppo type A16 warna hitam kristal milik rekannya Rifan Fatoni, 18, warga Dusun Balewarti, Desa Pringgodani, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Itu setelah Yusuf melihat langsung HP milik rekannya itu saat tengah kumpul-kumpul bersama di tempat tinggal bos mereka, Nuraji, 30, juragan bakso asal Dusun Dimoro, Desa Tambakagung, Kecamatan Puri, beberapa hari lalu.

Yusuf yang kepincut dengan telepon seluler kekinian milik temannya itu justru punya rencana jahat. Bukannya membeli dengan hasil jerih payahnya sendiri, pelaku malah berencana mencuri HP tersebut. Gayung bersambut. Malam itu, sejumlah karyawan bakso keliling Nuraji bermalam di sana. Otomatis, peluang Yusuf menggasak telepon genggam milik Rifan semakin menguat.

Setelah sejumlah rekannya itu telah terlelap, pelaku pun memanfaatkan situasi untuk melancarkan aksinya. Hingga keesokan paginya korban baru sadar jika smartphone kesayangannya telah raib. ’’Mereka (sesama pedagang bakso keliling) ini menginap dan tidur di ruang tamu tempat tinggal Pak Nuraji. Waktu sebelum tidur, korban menaruh HP di bawah bantal. Setelah semua sudah tidur, diambillah HP oleh pelaku,’’ terang Kanitreskrim Polsek Puri Ipda Suparno pada Jawa Pos Radar Mojokerto, kemarin.

memakai segala cara pelaku menyembunyikan telepon genggam itu agar tidak ketahuan. Rifan yang kesulitan mendapatkan kembali HP-nya, lantas melaporkan aksi tersebut ke Mapolsek Puri. Apalagi, akibat pencurian tersebut korban mengalami kerugian hampir Rp 3 juta. Petugas yang langsung melakukan penyelidikan tak butuh waktu lama berhasil melacak keberadaan pelaku.

Yusuf yang biasa mangkal di Jalan Raya Arteri Gempol, Desa Kejapanan, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, pun dibekuk petugas saat tengah jualan bakso. Pelaku tak bisa berkutik saat kedapatan masih mengantongi HP idamannya itu. ’’Pelaku mengakui telah mencuri HP milik korban dan langsung dimasukkan ke tas slempang miliknya sampai akhirnya dibawa pelaku ke wilayah Gempol,’’ bebernya.

Dari tangan pelaku, petugas menyita sejumlah barang bukti seperti smartphone merk OPPO A16 warna hitam kristal, tas slempang warna biru, dan boks original telpon selular tersebut. Kini, pelaku dan sejumlah barang bukti tengah diamankan di Mapolsek Puri untuk diproses lebih lanjut. ’’Pelaku sudah kami amankan untuk didalami,’’ tukas Suparno. (vad/fen)   

#Tukang #Bakso #Gasak #Ponsel #Teman #Sendiri