Vaksin Booster Tersedia di 14 Klinik Swasta Samarinda, Vaksinasi Dosis I bagi Lansia Tembus 60% #Vaksin #Booster #Tersedia #Klinik #Swasta #Samarinda #Vaksinasi #Dosis #bagi #Lansia #Tembus

Vaksin Booster Tersedia di 14 Klinik Swasta Samarinda, Vaksinasi Dosis I bagi Lansia Tembus 60%

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA – Vaksinasi booster sebagai dosis penguat yang sudah bisa didapatkan di Kota Samarinda ditekankan agar penerima vaksin berjarak minimal 6 bulan dari dosis vaksin kedua.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Samarinda, Ismid Kusasih.

Ia mengatakan vaksinasi dosis lanjutan ini bisa didapatkan di 14 klinik swasta yang direkomendasikan oleh Dinas Kesehatan.

“Kalau di Kota Samarinda kan vaksin dosis pertama bagi lansia sudah tembus 60 persen, maka dari itu masyarakat yang sudah vaksin dosis kedua sudah bisa mendapatkan booster,” terangnya Selasa (18/1/2022).

“Tetapi yang perlu diperhatikan penerima vaksin (booster) harus berjarak minimal 6 bulan dari vaksin kedua, karena vaksin ini kan hanya sebagai penguat, dan dosis yang diberikan hanya setengah dosis,” papar Ismid Kusasih lebih lanjut.

Baca juga: Kapolresta Samarinda Beri Semangat Ortu dan Nakes dalam Vaksinasi Covid-19 Anak-anak

Baca juga: Kombinasi Vaksin Booster Ditetapkan, Masyarakat di Samarinda Bisa Cek di PeduliLindungi

Sejak Selasa (18/1/2022), Dinas Kesehatan membuka kesempatan mendapatkan vaksinasi dosis ketiga atau booster ini melalui surat instruksi kepada faskes swasta yang ditetapkan sebagai pos pelayanan vaksin booster.

Meskipun begitu Dinkes tetap menetapkan masyarakat lansia sebagai prioritas sasaran vaksinasi booster ini.

Adapun jenis vaksin untuk dosis lanjutan yang digunakan adalah vaksin Astra Zeneca, Pfizer dan Moderna yang juga disesuaikan dengan ketentuan Kementerian Kesehatan RI.

Warga yang bisa mendapatkan akses untuk vaksin booster ini diketahui melalui pemberitahuan yang tampil pada akun aplikasi PeduliLindungi masing-masing.

Bagi yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua di atas 6 bulan, secara otomatis akan mendapatkan undangan untuk mengakses vaksin penguat ini.

Warga hanya perlu menunjukkan e-tiket vaksin ketiga di aplikasi PeduliLindungi dengan menyertakan KTP.

Baca juga: Binda Kaltim Gelar Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun, Sasar Ribuan Pelajar SD di Samarinda

“Di Kota Samarinda itu puncak banyaknya vakisin dosis kedua di sekitar bulan Agustus 2021, jadi kemungkinan yang akan menerima booster di bulan Januari hingga Februari ini belum banyak,” jelas Kadinkes Samarinda tersebut.

Ismid Kusasih memastikan bahwa pemberian vaksinasi booster meskipun dilaksanakan di klinik swasta, namun tetap gratis bagi masyarakat.

“Karena faskes swasta tidak semuanya vaksin Gotong Royong, tetapi juga ada yang memang gratis,” ucapnya mengakhiri. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tRibunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Vaksin #Booster #Tersedia #Klinik #Swasta #Samarinda #Vaksinasi #Dosis #bagi #Lansia #Tembus