VIDEO: Bau Asap Terasa di Pagi Hari, Tim Gabungan Lakukan Pemadaman Karhutla di Pangkalan Kerinci #VIDEO #Bau #Asap #Terasa #Pagi #Hari #Tim #Gabungan #Lakukan #Pemadaman #Karhutla #Pangkalan #Kerinci

VIDEO: Bau Asap Terasa di Pagi Hari, Tim Gabungan Lakukan Pemadaman Karhutla di Pangkalan Kerinci

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI- Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) muncul di Kecamatan Pangkalan, Kerinci Kabupaten Pelalawan, Riau pada Senin (17/1/2022).

Proses pemadaman masih berlanjut hingga Selasa (18/1/2022) yang dilakukan tim gabungan.

Barah membakar lahan di dekat Jalan Koridor Langgam Kilometer 4 Kelurahan Kerinci Barat, Pangkalan Kerinci. Karhutla terdeteksi sejak Senin (17/1/2022) siang dan langsung dilakukan operasi pemadaman oleh personil gabungan dari beberapa instansi seperti TNI, Polri, BPBD Satpol PP dan Damkar serta pihak lainnya.

“Hari ini masih dilakukan pendinginan di lokasi. Anggota sudah di lapangan. Pemadaman berjalan mulai kemarin,” kata Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Satpol PP dan Damkar Pelalawan, Taswir, kepada tribunpekanbaru.com, Selasa (18/1/2022).

Taswir menjelaskan, sejak api terdeteksi personil langsung diturunkan ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan demikian juga instansi lainnya.

Tim gabungan berjibaku di lapangan untuk memadamkan api yang melalap semak belukar yang tumbuh di areal kosong.

Barah sempat menyebar dan merembet ke kebun kelapa sawit milik masyarakat yang berdekatan dengan lokasi.

“Secara umum api sudah padam. Pagi ini akan dicek lagi dan pendinginan dengan peralatan yang ada,” tambah Taswir.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Rudianto menyampaikan, proses pemadaman Karhutla di Kerinci Barat belum tuntas sepenuhnya.

Personil sedang berupaya untuk menghilangkan api dan asap, karena lokasinya sangat dekat dengan pusat ibukota Pelalawan. Sehingga butuh penanganan cepat agar tidak menimbulkan asap berkepanjangan.

“Tadi pagi memang asap cukup terasa di Pangkalan Kerinci, ditambah gerimis turun. Dapat saja berasal dari Karhutla itu,” tandasnya.

( Tribunpekanbaru.com /Johannes Wowor Tanjung)

#VIDEO #Bau #Asap #Terasa #Pagi #Hari #Tim #Gabungan #Lakukan #Pemadaman #Karhutla #Pangkalan #Kerinci