WADA Cabut Sanksi, Bendera Merah Putih Bisa Berkibar Mulai Februari 2022 #WADA #Cabut #Sanksi #Bendera #Merah #Putih #Bisa #Berkibar #Mulai #Februari

WADA Cabut Sanksi, Bendera Merah Putih Bisa Berkibar Mulai Februari 2022

Selebrasi gelandang Timnas Indonesia, Rachmat Irianto, usai menjebol gawang Kamboja di Piala AFF 2020. (Dok. AFF)

Bolatimes.com – Lembaga Anti-Doping Dunia (WADA) akhirnya mencabut sanksi kepada Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) terkait ketidakpatuhan doping. Dengan demikian, Timnas Indonesia bisa mengibarkan bendera Merah Putih di even internasional.

Sebagai informasi, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari menyatakan bahwa WADA telah berkirim surat resmi kepada LADI tanggal 14 Januari.

Surat yang ditandatangani Head of the Compliance Unit WADA Emiliano Simonelli itu berisikan pernyataan WADA akan mencabut sanksi LADI pada awal Februari. Jika benar dicabut, maka itu lebih cepat dari sanksi awal yang berlaku satu tahun sejak dijatuhkan pada 7 Oktober 2021.

“Berdasarkan surat resmi WADA yang dikirim Jumat terkait isu-isu terkait sanksi diberikan kepada Indonesia, mereka menyatakan bahwa per awal Februari sanksi ini akan dicabut,” ungkap Oktohari.

Dengan demikian, Timnas Indonesia bisa mengibarkan bendera Merah Putih saat tampil di Piala AFF U-23 2022. Ajang tersebut rencananya akan bergulir pada 14-26 Feberuari 2022 di Kamboja.

Di ajang tersebut, Timnas Indonesia masuk Grup B bersama Malaysia, Myanmar, dan Laos. Piala AFF U-23 2022 rencananya akan memakai dua stadion di Kamboja, yakni Morodok Techno Stadium dan Prince Stadium.

Mendengar kabar ini, legenda Timnas Indonesia Kurniawan Dwi Yulianto menyambut gembira. Ia sangat bersyukur atlet Indonesia bisa mengibarkan bendera Merah Putih lagi.

“Pertama, Alhamdulilah karena pada akhirnya semua atlet Indonesia bisa mengibarkan bendera Merah Putih di segala event,” kata Kurniawan.

Kurniawan yang baru saja dipercaya menjadi Asisten Pelatih Tim Seri B Italia Como 1907 itu mengakui bahwa kebanggaan terbesar sebagai atlet adalah bisa mengibarkan bendera Merah Putih di ajang internasional.

“Karena bagi kami mantan atlet bahkan atlet sekarang berkibarnya bendera Merah Putih adalah sesuatu yang bisa memotivasi para atlet, suatu kebanggaan yang tidak ada duanya,” tegas Kurniawan Dwi Yulianto.

#WADA #Cabut #Sanksi #Bendera #Merah #Putih #Bisa #Berkibar #Mulai #Februari