Wantimpres sampaikan masukan kepada Wapres terkait kebijakan Pemerintah #Wantimpres #sampaikan #masukan #kepada #Wapres #terkait #kebijakan #Pemerintah

Wantimpres sampaikan masukan kepada Wapres terkait kebijakan Pemerintah

Jakarta (ANTARA) – Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) memberikan tiga masukan kepada Wakil Presiden Ma’ruf Amin terkait kebijakan Pemerintah di bidang Ibu Kota Negara (IKN), penanganan COVID-19, dan pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Paham keterangan dari Biro Pers, Media dan Informasi (BPMI) Sekretariat Wapres (Setwapres), Rabu, Ketua Wantimpres Wiranto bersama empat anggota lain menemui Wapres Ma’ruf Amin di Istana Wapres Jakarta, Selasa (18/1).

Baca juga: Wapres Ma’ruf Amin berharap Baznas terus amanah jalankan fungsinya

“Tahun ini, kami memfokuskan beberapa hal, seperti perpindahan Ibu Kota Negara, penanganan COVID-19, juga masalah pembangunan SDM untuk mengantisipasi bonus demografi nanti,” kata Wiranto di Jakarta.

Terkait proses perpindahan IKN, Wiranto berharap Pemerintah gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar terhindar dari tanggapan negatif.

“Mungkin perlu disosialisasi, sehingga lebih mengamankan, baik selama maupun pasca-persidangan,” tambahnya.

Terkait penanganan COVID-19 di Indonesia, anggota Wantimpres sedang memperhatikan langkah pemulihan ekonomi nasional (PEN) dengan mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Wiranto mengatakan masih ada pelaku UMKM yang mengalami kesulitan intens mengurus perizinan usaha, karena terkendala regulasi dan proses birokrasi rumit.

Sementara itu, terkait pembangunan SDM, Wiranto meminta Pemerintah menangani dengan baik intens upaya menghadapi bonus demografi di Indonesia. Apabila penanganan terkait SDM kurang berjalan dengan lancar, tambahnya, maka bonus demografi dapat menambah beban perekonomian Indonesia.

“Kami melihat ada ketidaksesuaian antara kebutuhan dari perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga ahli dengan pendidikan vokasional yang menghasilkan. Barangkali itu yang perlu menjadi perhatian Pemerintah supaya tidak meleset,” ujarnya.

#Wantimpres #sampaikan #masukan #kepada #Wapres #terkait #kebijakan #Pemerintah