Warga Matanair Desak Bupati Lantik Rasidi #Warga #Matanair #Desak #Bupati #Lantik #Rasidi

Warga Matanair Desak Bupati Lantik Rasidi

SUMENEP, Jawa Pos Radar Madura – Ratusan warga Desa Matanair, Kecamatan Rubaru, kembali berdemo ke kantor Pemkab Sumenep kemarin (17/1). Seperti aksi-aksi sebelumnya, mereka mendesak Bupati Sumenep Achmad Fauzi segera melantik Rasidi sebagai kepada desa sesuai putusan Peradilan Tata Usaha Negeri (PTUN) Surabaya Nomor 79 PK/TUN/2021.

Paham aksi yang berlangsung intens kawalan ketat aparat kepolisian tersebut, peserta aksi tidak hanya dari kalangan pria. Tapi, juga diikuti kaum ibu-ibu. Karena jumlah aksi cukup banyak, aparat kepolisian terlihat kewalahan. Apalagi, peserta unjuk rasa berhasil mendorong pagar sisi barat hingga roboh.

Korlap aksi Sawitri menyatakan, selama bupati belum memiliki ketegasan dan menindakalanjuti putusan PTUN, masyarakat pendukung Rasidi akan terus melakukan unjuk rasa. ”Putusan final dari PTUN belum dilaksanakan oleh pemerintah. Paham hal ini, bupati kami nilai tidak taat hukum,” katanya.

Menurut dia, polemik yang terjadi tidak akan selesai jika pemkab tidak melaksanakan putusan PTUN secara keseluruhan. Padahal, hal itu sangat merugikan Rasidi. ”Karena itu, jangan salahkan kami jika menilai ada unsur politis,” imbuhnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD Sumenep Moh. Ramli ketika menemui massa menyampaikan, bupati Sumenep sudah melaksanakan perintah pengadilan dengan menerbitkan SK dan mencabut status Ghazali sebagai Kades. ”Bupati sudah taat hukum,” tegasnya di depan massa pendukung Rasidi.

Ramli menerangkan, saat ini pemkab sedang berkonsultasi dengan Menteri Paham Negeri (Mendagri). ”Jadi tunggu hasilnya saja, pemerintah masih konsultasi dengan Mendagri,” bebernya.

Sayangnya, pedemo menilai informasi yang disampaikan Ramli tersebut sebagai alibi dari ketidaktegasan pemerintah. Karena itu, massa melontarkan umpatan kepada pria yang kini menjabat sebagai Asisten Administrasi Umum Setkab Sumenep tersebut. (c3/yan)

#Warga #Matanair #Desak #Bupati #Lantik #Rasidi