Tank Ini Dirancang Rusia untuk Perang Nuklir, Mampu Menahan Ledakan Bom Atom #Tank #Ini #Dirancang #Rusia #untuk #Perang #Nuklir #Mampu #Menahan #Ledakan #Bom #Atom

Tank Ini Dirancang Rusia untuk Perang Nuklir, Mampu Menahan Ledakan Bom Atom

MOSKOW – Tanpa alasan yang jelas Rusia membangunkan kembali tank Object 279 yang sudah lama tertidur di Museum Tank Kubinka, yang terletak di luar ibu kota Rusia, Moskow. Dari video yang dirilis 29 Maret 2022, sekilas tak ada yang istimewa dari tank Object 279 yang sudah kusam dan bergerak sangat lambat.

Dikutip dari laman Bulgarian Military, Sabtu (2/4/2022), tank Object 279 dibangun pada tahun 1957 di Kirov Leningrad Plant. Insinyur Rusia menggunakan pengembangan tank ini untuk membuat tank T-10. Tank Object 279 memiliki berat 66 ton dan dipersenjatai dengan meriam (canon) 130 mm, berbeda dengan tank T-10 yang dibekali meriam 122 mm.

Tank Object 279 membawa 24 peluru meriam dan dapat menembakkan maksimum tujuh peluru per menit, berkat sistem pemuatan semi-otomatis. Di atas turet terdapat senapan mesin 14,5 mm dan seluruh sistem senjata memiliki stabilizer terintegrasi untuk penembakan yang akurat.

Baca juga; Tank-Tank Tua di Garis Depan, Rusia Kerahkan T-72 dan Ukraina Andalkan T-64

Tank Object 279 memiliki pengintai optik dan sistem otomatis yang mengarahkan serangkaian pembidik optik, mencakup perangkat optoelektronik siang dan malam, dan proyektor inframerah. Tank Object 279 dilindungi oleh armor setebal 12,5 inci.

Saat itu, pada tahun 1950-an dan 1960-an, baju besi tank Object 279 bisa disebut “revolusioner” karena dibangun dari struktur cor yang benar-benar kokoh. Bentuknya dibuat dengan sudut miring tertentu untuk perlindungan yang lebih baik.

Tank Ini Dirancang Rusia untuk Perang Nuklir, Mampu Menahan Ledakan Bom Atom

Secara terpisah perisai revolusioner elips di sekitar lambung tank cocok untuk beradaptasi dengan cuaca dan dilengkapi proyektil anti-tank atau high-explosive anti-tank [HEAT]. Turret juga memiliki perisai HEAT sehingga mampu menetralkan meriam lawan terutama yang tidak bergantung pada gaya penetrasi kinetik.

Baca juga; Digempur Senjata Canggih Ukraina, Pasukan Lapis Baja Rusia Bertahan Pakai Cara Unik

Tank Object 279 ditenagai mesin diesel 16 silinder yang menghasilkan 1.000 tenaga kuda dengan kecepatan maksimum 34 mil dan jangkauan maksimum dengan sekali pengisian bahan bakar hampir 300 km. Tank ini memberikan tekanan tanah sekitar 8,5 pon per inci persegi (PSI), membuatnya sempurna untuk menjelajahi lahan basah, tanah lunak, dan mengatasi beberapa rintangan, seperti “landak Ceko”.

#Tank #Ini #Dirancang #Rusia #untuk #Perang #Nuklir #Mampu #Menahan #Ledakan #Bom #Atom