Xiaomi Umumkan Fase Uji Coba Fitur Peringatan Dini Gempa Bumi di Smartphone Xiaomi #Xiaomi #Umumkan #Fase #Uji #Coba #Fitur #Peringatan #Dini #Gempa #Bumi #Smartphone #Xiaomi

Xiaomi Umumkan Fase Uji Coba Fitur Peringatan Dini Gempa Bumi di Smartphone Xiaomi

WARTAKOTALIVE.COM – Perusahaan elektronik dan teknologi asal China, Xiaomi telah mengumumkan fase uji coba dari fitur peringatan dini gempa bumi atau Earthquake Early Warning (EEW) yang hadir pada smartphone Xiaomi.

Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna smartphone Xiaomi di Indonesia akan mendapatkan pemberitahuan saat terjadi gempa bumi di sekitarnya, menjadikan sistem peringatan dini gempa bumi berperan penting dalam memberi waktu bagi pengguna untuk menyelamatkan diri.

Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse mengatakan, Xiaomi pun mengapresiasi dukungan yang sudah diberikan oleh Pemerintah Indonesia dalam proyek tersebut. Selain itu, Xiaomi Fans dan pengguna di Tanah Air hingga kini selalu mendukung.

“Melalui inisiatif ini, kami berharap untuk bisa membantu warga Indonesia melalui kegiatan CSR perusahaan yang memiliki tanggung jawab sosial,” ujar Alvin, dalam keterangan resmi, Sabtu (2/4/2022).

Adapun cara kerja dari fitur EEW ini adalah memberikan peringatan dini gempa dengan memperingatkan pengguna hingga belasan detik sebelumnya sebelum gelombang sekunder tiba dengan memanfaatkan kecepatan gelombang listrik lebih cepat ketimbang gelombang sekunder.

Begitu fitur EEW diaktifkan di smartphone Xiaomi, setelah badan pemantau mendeteksi gempa bumi, mereka akan mensinkronisasi informasi peringatan dini ke server Xiaomi melalui channel khusus, dan Xiaomi akan menggunakan channel prioritas untuk mendorong informasi peringatan dini kepada pengguna di daerah terdampak.

Setiap pemberitahuan dalam EEW akan menampilkan magnitudo dari gempa bumi terkait, estimasi datang, dan intensitasnya yang nantinya diperingatkan ke layar smartphone berupa hitung mundur.

Peringatan yang akan diterima oleh pengguna terjadi bila intensitas gempa mencapai level IV, atau lebih berdasarkan skala Modified Mercalli Intensity (MMI) yang digunakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Fitur ini pun membutuhkan koneksi data/internet untuk berfungsi.

Syarat agar smartphone bisa memicu peringatan gempa tergantung pada intensitasnya dan lokasi, dan waktu serta penunjuk intensitas yang terlihat oleh pengguna di berbagai wilayah akan berbeda.

Peringatan yang nantinya diterima oleh pengguna di Indonesia terjadi bila intensitas gempa mencapai IV atau lebih berdasarkan skala MMI (Modified Mercalli Intensity) yang digunakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Fitur ini membutuhkan koneksi data untuk berfungsi.

#Xiaomi #Umumkan #Fase #Uji #Coba #Fitur #Peringatan #Dini #Gempa #Bumi #Smartphone #Xiaomi